Kewajiban Mengikuti Sunnah Nabi

Ibnu Mas’ud berkata :
“Sederhana dalam As-Sunnah lebih baik daripada bersungguh-sungguh di dalam bid’ah” (Ibnu Nashr, 30, Al-Lalikai 1/88 No 114, dan Al Ibanah 1/320 No 161)

Ibnu ‘Abbas berkata :
“Tetaplah kamu beristiqamah dan berpegang dengan atsar serta jauhilah bid’ah”

Al-Imam Az-Zuhri berkata :
Ulama kita yang terdahulu selalu mengatakan : “Berpegang dengan As-Sunnah adalah keselamatan. Ilmu itu tercabut dengan segera, maka tegaknya ilmu adalah kekokohan islam sedangkan dengan perginya para ulama akan hilang pula semua itu (ilmu dan Agama)” (Al-Lalikai 1/94 No 136 dan Ad-Darimi 1/58 No 16)

Al-Imam Ahmad bin Hambal berkata :
“Berhati-hatilah kamu, jangan sampai menulis masalah apapun dari ahli ahwa’, sedikit atau banyak. Berpeganglah dengan ahlul atsar dan ahlus Sunnah” (As-Siyar 11/231)

Al-Imam Al Auza’i berkata :
“Berpeganglah dengan atsar salafus shalih meskipun seluruh manusia menolakmu dan jauhilah pendapat orang-orang (selain mereka) meskipun mereka menghiasi perkataannya terhadapmu” (Asy-Syari’ah Hal 63)

Ubai bin Ka’ab berkata :
“Kamu harus berpegang dengan jalan Alloh dan As-Sunnah. Sesungguhnya orang yang (berjalan) di atas jalan Alloh dan As-Sunnah kemudian mengingat Ar-Rahman (Alloh) hingga air matanya menetes karena takut kepada-Nya, tidak akan tersentuh api neraka. Sesungguhnya sederhana dalam jalan alloh dan As-Sunnah lebih baik daripada bersungguh-sungguh dalam kebid’ahan.”

Sufyan Ats-Tsauri berkata :
”Hai yusuf! Jika ada seorang ahlus Sunnah dari negeri timur maka sampaikan salamku kepadanya, dan jika ada seorang Ahlus Sunnah dari negeri barat maka sampaikan salamku kepadanya. Sungguh Ahlus Sunnah wal Jama’ah sangat sedikit jumlahnya”

Yusuf bin Abil A’la berkata :
”Aku mendengar Asy-Syafi’i berkata, ” Jika aku melihat seorang lelaki ahli hadits seolah aku melihat Shahabat nabi.” (Talbis Iblis, Ibnul Jauzi, 33-34)

(Sumber : Majalah Asy-Syariah Edisi 11/ No. 14/1426 H/2005, Diambil dari Kitab Lammudurril Mantsur Minal Qaulil Ma’tsur Karya Abu Abdillah Jammal bin Furaihan Al Haritsi)  

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

%d blogger menyukai ini: